Wednesday, August 8, 2012

Studio Perancangan Arsitektur VI

Project : Duvadilan Domestic & International Airport
Type : Terminal Airport
Lokasi : Fiksi


Deskripsi
Duvadilan Domestic & International Airport adalah sebuah kawasan bandara udara dengan penerbangan dalam dan luar negeri yang memiliki kapasistas pengunjung 2.000.000 jiwa/tahun.

Konsep Ruang
Penerapan pola ruang yang dimiliki bangunan ini adalah penerapan pola ruang sederhana sebuah bandara sehingga konsep pada pola ruang kawasan ini adalah "Simply Linked" dengan tujuan memudahkan alur baik pengunjung maupun barang dan kendaraan. sedangkan bentuk ruang selalu menerapkan pola persegi dikarenakan bentuk persegi sangat effisien dalam pemanfaatan ruangan.

Pola boarding lounge yang digunakan pada bangunan ini adalah pola pier sehingga boarding lounge hanya terdapat satu pada setiap terminal sehingga mudah untuk diakses oleh penumpang yang kemudian akan disortir dengan gate.

Ini adalah pola ruang Duvadilan International & Domestic Airport





Konsep Bentuk

Konsep bentuk bandara ini adalah "Over Exposure" dimana pemanfaatan cahaya langsung melalui atap bangunan yang memiliki level berbeda-beda menjadi dasar dalam mendapatkan bentuk, sehingga bentuk terdapat rongga dari bentuk atap yang split dan juga sebagai upaya mengurangi pengunaan daya listrik terutama pencahayaan buatan pada bangunan skala besar seperti Duvadilan Internatioanl & Domestic Airport ini.





Konsep Struktur
Struktur yang digunakan pada bangunan ini ada 2 system struktur, yaitu :
- Rigid Frame dengan menggunakan kolom komposit dan baja WF sebagai balok dan tulangan kolom dengan trave antar kolom 10m
- Singel Beam dengan bentangan lebar 30m pada bagian atap bangunan ini dengan menggunakan baja WF pabrikasi dengan trave antar beam 10m



View


 Public Hall Departure Area
 Front Elevation
Bridge Terminal - Boarding Lounge
Bridge International - Domestic Terminal




Popular Posts